Skip to main content

Masalah Kebangsaan Kita 1

 


Kompilasi Seri Diskusi Kebangsaan Edisi 1 - 12 Tahun 2017

Ada dua alasan mendasari diterbitkan buku ini. Pertama, esensi muatan yang terkandung dalam makalah yang pernah didiskusikan dalam setiap episode Diskusi Kebangsaan PWS masih relevan dengan perkembangan zaman. Kedua, meski sudah didokumentasikan dalam penerbitan jurnal, majalah, portal, siaran tunda dalam program televisi lokal dan siaran langsung live streaming. Dengan buku ini  diharapkan sidang pembaca dapat lebih konsentrasi menyimak isi dari setiap pemikiran dalam makalah para nara sumber.

Artikel dalam buku ini diambil dari makalah Diskusi Kebangsaan yang diselenggarakan Paguyuban Wartawan Sepuh Yogyakarta periode selama satu tahun. Pada tahun 2017 dan 2018. Diambil dari dua belas kali diskusi. Sementara diskusi kebangsaan ini sudah berlangsung hingga episode ke-XXI ketika buku ini dipersiapkan. Langkah selanjutnya diharapkan akan diterbitkan buku jilid dua setelah diskusi berlangsung selama setahun berikutnya. Siapapun yang membaca buku ini terutama ditujukan kepada penyelenggara kebijakan publik terutama pejabat penyelenggara negara dapat memanfaatkan pikiran-pikiran yang tersurat dalam makalah-makalah tersebut. Menyangkut masalah yang berkaitan dengan  sosial, politik, ekonomi, humaniora, hukum, lingkungan, sumber daya alam juga masalah kerukunan hidup beragama.

Kepada para nara sumber yang sudah berpartisipasi dalam setiap Diskusi Kebangsaan PWS, kiranya tidak cukup dengan hanya dihaturkan terima kasih. Kalau ada istilah atau kata-kata yang melebihi dari ungkapan terima kasih, maka dengan kerendahan hati kami unjukkan kehadapan beliau-beliau.

Selamat membaca. Sampai jumpa pada buku kebangsaan berikutnya.***

                                                                                                      

Oka Kusumayudha