Skip to main content

Investigasi Pohon-pohon, 100 Puisi tentang kerusakan lingkungan hidup



 "....ketika makna tempat terasakan dan tersadari sebagai faktor yang mempengaruhi setiap denyut keseharian hidup kita, seluruh indra kita pun terlibat di dalamnya: melihat, mencecap, mendengar, atau merasakan berbagai hal di dalam tempat yang boleh saja disebut “rumah tinggal.” Karenanya, rumah tidak selalu berhenti pada makna fisikal, tetapi juga menjangkau makna yang bersifat mental, emosional, dan spiritual, bahkan kultural. 

Bertolak dari hal-hal yang telah dikemukakan tersebut, puisi-puisi Chairul Anwar yang dihimpun dalam kumpulan bertajuk Investigasi Pohon-pohon ini akan menemukan relevansi dan signifikansinya. Hutan dan kayu beserta berbagai variannya oleh Chairul Anwar telah diperhitungkan sebagai “matrik” penciptaan, sehingga melalui konversi dan ekspansi tertentu terhadapnya ia dihadirkan dalam puisi sebagai teks kreatif. 

....Chairul Anwar sepertinya ingin berucap manusia hendaknya belajar untuk secara tepat memperlakukan alam sebagai tempat tinggalnya secara harmonis di bawah dan dalam keberlanjutan proses pembudayaan dan pemberadaban.


Prof. Dr. Suminto A. Sayuti